tentang ulang tahun

Tentang Ulang tahun

Hari ini, aku genap berusia 18 tahun. Nothing special sebenarnya. Tapi, kenapa aku ingin mengapresiasikan hari ini? 

Karena aku rasa, mungkin hari ini bisa sebagai bentuk untuk apresiasi kepada diriku, umiku, dan juga ayahku. 

Untuk diriku, terima kasih sudah bisa bertahan hingga 18 tahun. Selalu berusaha beradaptasi dan tumbuh membaik, walau hasilnya biasa di luar ekspektasi.

Dan 18 tahun yang lalu, mungkin ini adalah hari bahagia untuk umi dan ayahku, karena aku telah lahir. Iya, aku beruntung. Aku adalah anak yang dinanti-nanti. Anak yang penuh lika-liku, bahkan kalo umi dulu tidak memperjuangkanku untuk tetap bertahan, aku tidak akan hidup sampai sekarang. Bahkan, mungkin terlahir saja tidak. 

Oleh karena itu, ulang tahun menurutku adalah hari yang penuh makna. Dan kalian, pasti memiliki makna sendiri, perihal ulang tahun ini.

Jadi benar, kata temanku, jogo, ulang tahun adalah kehilangan yang dirayakan. Mungkin sisa usiaku akan berkurang setiap tahunnya. Tapi dari masa yang telah terlewati, aku bisa belajar banyak agar lebih memaknai sisa dari hidupku.

Terima kasih untuk hari ini. Untuk segala doa dan harap. Untuk segala cerita dan cita-cita. Semoga doa baik itu akan kembali kepada kalian, orang-orang baik yang aku kenal!

Maaf, apabila aku, masih belum sempurna, jauh dari kata sempurna, bahkan untuk menjadi seorang yang dewasa pun rasanya belum pantas. Lembaran baru ini, aku akan terus belajar, belajar dari diri aku, dan diri kalian. Selamat berlayar bersama kembali. 


Komentar