Surat-surat dari Masa Lalu: Gak Sengaja

Sidoarjo, 24 April 2020

Tiap liat UB, inget banget tentang peristiwa dulu. Ramadhan tahun 2017, waktu itu lagi pindahan dari Pontianak ke Bali. Baru lulus MTs dan mau masuk MAN. Masih inget juga, dulu untuk yang pertama kalinya menginjakkan kaki ke Malang. Belum ada bayangan akan kuliah di Malang juga.


Saat itu, Om Rudi bilang, “Ini Universitas Brawijaya, Far. Favoritnya Malang. Udah wes kamu nanti kuliah disini aja,” sambil bercanda. Terus gak sengaja, aku shalawatin karena saat itu aku lagi demam shalawatan LOL, suka banget shalawatan gara-gara suka nonton Wirda Mansur wkwk.

Dan gak sengaja itu jadi nyata. Walau sebenarnya pasti bukan sebuah ketidaksengajaan, melainkan memang udah jalannya. Tapi artinya, Allah mendengar apapun yang kita ucap, sekecil apapun itu. Walaupun bagi kita cuma iseng-iseng. Tapi, bisa jadi nyata.

Jadi inget ucapan Pak Andi. Doa yang dikabulkan itu doa yang tidak terlalu berharap lebih, namun tidak juga putus asa. Jadi tengah-tengah, di-ikhlasin aja apapun yang terjadi.

Tapi di sisi lain juga jadi sadar, apa yang kita omongin itu bisa aja jadi nyata, makanya kita gak boleh ngomong sembarangan. Harus hati-hati. 

 

Komentar