Ramadhan 2023: Pembelajaran Tak Terlupakan

Ramadhan tahun ini cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Setelah kampus menyatakan wajib luring, statusku resmi menjadi Full Time Anak Kost (yang jarang pulang). Akhirnya, tahun Ramadhan tahun ini lebih banyak di kost dari pada di rumah. Perjalanan Ramadhan pun dimulai. 

Seperti biasa, aku mulai mengide kembali. My Ramadhan, my adventure wkwkwk. Karena lagi di penghujung semester, banyak keperluan untuk skripsi, praprofesi, persiapan profesi jadi aku tau juga bahwa aku harus super duper berhemat. Dan memanfaatkan Ramadhan adalah salah satu kuncinya (karena banyak makanan gratis hehe). Selain itu, menurutku Ramadhan adalah pintu untuk melakukan banyak ibadah dan kebaikan jadi aku ingin setidaknya Ramadhan ini bisa terisi sebaik mungkin walau aku yakin kadang target yang tercapai tidak sesuai ekspektasi. Tapi gapapa, itu lebih baik daripada tidak sama sekali. Better than never.

Tahun lalu aku sempat burn-out dengan yang namanya bukber. Gimana enggak, kayaknya ada minggu dimana aku semuanya full bukber di luar, gak napak di kost. Walaupun aku ekstrovert tapi kayaknya itu adalah titik dimana my social energy was entek. Akhirnya di tahun ini, aku jarang menginisiasi bukber (tapi kalo diajak bukber aku hayuk dan siap jadi tim hore meramaikan 🙂. Alhamdulillah di tahun ini bukberku tidak sebanyak tahun lalu WKWKWKWK (mission complete).

Tapi sebenernya aku juga buka puasa sendirian di kost juga cuma satu kali, karena pas sakit radang, aku terkapar di kamar karena lemah lungai lapar letih lesu. Buka puasa lainnya dimana? Dari masjid ke masjid :D Sebenernya sama aja sih ya namanya bukber? Tapi gatau kenapa kalo versi takjilan di masjid ini social energy-ku gak habis. Malah terasa penuh. Nah, semua perjalanan Ramadhan berawal dari sini. Ide takjilan di Masjid. Salah satu niat lainnya adalah aku sadar tahun depan sudah tidak bisa mengeksplorasi banyak kegiatan Ramadhan karena lagi profesi. Jadi, inilah waktu terbaiknya! 

Yang aku suka dari takjilan di masjid ini adalah karena udah satu paket. Kajian - Buka bersama (gratis) - Shalat Tarawih. Kayak paket lengkap, sampe kost bisa langsung tidur (gak deng, kita harus tetap ✨skripsian✨ dan ✨ujian✨). Kalo di masjid juga aku lebih merasa semangat mengaji karena liat orang ngaji dan kalo mau scroll tiktok/ig, akuuuu sungkan 🙏 TAPII BENERAN DEHH! kalo sudah masuk Masjid rasanya sudah lupa hal duniawi, maunya fokus beribadah dulu (ini yang aku senangi <3).

Selama hunting takjilan di Masjid, aku juga gak sendirian. Tapi ditemani oleh kolega-kolega pencari takjil juga. TARAAA ini dia:

WKWKWKW grup ini dibuat saat Ramadhan Day 1. Ketemu di Masjid Nurusyifa FKUB, ketauan sama2 pengabdi takjil gratis. Untuk mempermudah koordinasi dan informasi, alhasil terbitlah grup ini. Sebelumnya, (randomly) aku udah masuk di grup takjilan se-UB dan dapet list-listan masjid yang menyediakan takjil gratis HAHAHA tapi aku tetep clueless untuk nyari takjil, lebih tepatnya males juga sih ya karena listnya itu se-abrek, dan males nyocokin dengan google maps (karena kau ga hafal jalan di Malang).

WKWKWK bayangin siapa yg mau nyariin satu persatu gini? 

 Sebelumnya, sudah dapat list masjid-masjid potensial (yg lebih trusted) yang bisa aku kunjungi
1. Masjid Abdullah Permata Jingga -> Ada takjil dan dapet nasi
2. Masjid Alun-alun -> Dapet nasi tapi akeh, bisa dapet makanan 2 kali
Tapi gajadi dikunjungi karena keburu mager dan sudah menemukan zona nyaman, yaitu 
Masjid Nurusyifa FK UB dan Masjid Raden Patah UB. Walaupun itu-itu aja, tapi itu paling deket dan paling enak WKKWKWKW kalo bisa diberi rating, aku kasih rating 10/10 😂 Karenaaa... tempatnya enak, makanannya juga 👉👈

Spill menu buka puasa di Masjid Nurusyifa FK UB 






Oh iya! Tapi kalo di FK ini buka puasanya gak setiap hari, tapi saat ada rangkaian event Ramadhan aja. Dan ini memang donatur dari bapak ibu dosen, masyaAllah. Semoga rezeki beliau selalu lancar dan diberi keberkahan selalu ❤️

Sistemnya disini pake kupon, jadi yang akan diberikan makanan terlebih dahulu adalah yang dapet kupon. Biasanya kupon ini dibagikan saat kajian berlangsung. Nah, untuk buka puasa di Masjid FK ini biasanya urutannya seperti ini: Kajian - Buka Puasa - Shalat Maghrib - Makan Nasi - Shalat Isya & Tarawih. Tapi tarawih ini opsional juga, jadi banyak anak-anak yang setelah buka langsung pulang. Tarawihnya diimamin sama anak-anak LKI (Lembaga rohani Islammnya FK UB), jadinya... cepet (hanya 8 rakaat, ayatnya pendek2, selesainya jam 8 kurang wkwkwkw).

Sebenernya, di Masjid Raden Patah sistemnya hampir sama, cuma bedanya di pembagian kupon dan Tarawihnya lebih lama karena ada imam benerannya dan ada kultum juga, menurutku sih lebih syahdu. Sistemnya seperti ini: Pembagian kupon pukul 16.00 - Kajian - Buka puasa kurma - Shalat Maghrib - Makan nasi - Shalat Isya - Kultum - Shalat Tawarih. Tapi sistem ini sempat berubah ketika ada Bazaar Ramadhan, saat itu sistemnya kita dapet kupon buka puasa sebesar 15k yang bisa ditukerin dengan makanan-makanan yang ada di bazaar. Untuk buka puasanya ini diadakan setiap hari. Jadi kalo di FK gak ada, kita caw ke Raden Patah ✌

Spill menu dan suasana berbuka di Masjid Raden Patah (biasanya dapet kurma, air putih, nasi kotak, dan minuman random [kadang kacang hijau, es degan, sirup dll])

ini kita kayak membuat shaf untuk makan

Sebenernya tempat terseringku untuk buka puasa disini, tapi sisanya aku ga dokumentasiin karena lupa wkwkw Sepertinya 60% Ramadhanku juga di Masdin Raden Patah. Saksi bisu juga bahwa imanku naik turun. Dari mulai rajin mendengarkan kajian sebelum buka, lalu ada ngobrol2 sedikit, lalu dateng kajian tapi sambil ngerjain logbook (kayaknya yang lebih tepat adalah ngerjain logbook sambil dateng kajian biar dapet kupon takjil). 

Ngebut logbook 

Selama Ramadhan juga banyak banget kegiatan-kegiatan religi di Masjid Raden Patah yang bisa diiikuti mahasiswa. Salah satu yang aku ikutin juga adalah Cafe Ramadhan. Awalnya itu bener-bener random karena kostku mati lampu terus aku dapet chat dari temenku ngajakin ikutan. Topiknya tentang jodoh juga wkwkw jadi dari pada bengong mari kita cawwww!

Cafe Ramadhan ini kayak nongkrong bareng tapi Islami. Malam-malam nongkrong bareng bersama ustadz, dengerin kajian sambil minum kopi/susu/teh dan ngemil-ngemil makanan kayak cilok, sosis, dan tempura gitu. Gratis tis tis, baik masuknya, makanan, maupun minumannya. Free refill pula wkwk

ketemu Knowlunteers Taulebih cabang Malang



NAHHH! di Ramadhan ini juga ada hal baru yang aku coba, yaitu... nyoba ITIKAF! Belajar itikaf adalah salah satu yang berkesan di hidupku. Berawal dari ngeliat temanku (mbak Hanifah) itikaf, lalu cuma ingin-ingin tok. Tapi akhirnya bisa terealisasi yang sebenernya alasan awalnya karena gak ingin menyia-nyiakan 10 malam terakhir (di tengah2 Ramadhan aku mulai bermalasan soalnya, terus tertampar temen yg semakin rajin di akhir Ramadhan). 

Jadi cerita awalnya itu... sebenernya emang mau itikaf tapi belum kelaksana2 tapi sebenernya ragu juga karena aku gatau mau ngapain dan selalu terhantui skripsi (nanti kalo aku diam di masjid, skripsiku gimana? [punten, lagi mengejar sidang 🙏]). Walau sebenernya udah diceritain gapapa bawa laptoppp, asal bisa membagi waktu ibadah dan dunia, tapi tetep aja makhluk (sok) idealis ini gamau mencampuradukkan antara ibadah akhirat dan dunia. Tapi suatu saat, aku ada kegiatan sampai malam jam 10. Aku merenung. 

"Wes, ambu-ambune aku gak tarawih iki dengan dalih ya Allah aku cuapek, aku istirahat aja ya, ibadah, belajar, dan mengerjakan skripsi kan juga ibadah👉👈 " Padahal kemungkinan realita yang ada: pulang ke kost, bengong, buka hp, scroll IG, scroll tiktok, ngantuk kecapekan, ketiduran, terbangun dan sadar tapi capek, minta maaf sama Allah untuk gak tarawih. Siapa itu.... akuuu🙏 

Sepanjang perjalanan pulang aku mikir, pulang ke kost atau ke masjid ya? Tapi alamat tujuan ojolku sudah ke kost. Tapi aku gak berani berangkat sendirian ke masjid malam-malam gini. Saat itu keadaannya bapak ojolku minta waktuku sebentar untuk smaa2 nganterin barang ke customer lainnya karena dapat 2 orderan. Aku gapapa2 aja. Tapi aku jadi memanfaatkan keadaan dengan dalih "simbiosis mutualisme". Bapaknya minta tolong ke aku, aku juga minta tolong ke bapaknya untuk ganti tujuan ke Masjid Raden Patah tapi mampir kostku dulu naruh barang dan ambil mukenah (loh, kok nglamak?). TAPI ALHAMDULILLAH BELIAU BERKENAN YA ALLAH BAIK BANGEEET!

Akhirnya, aku berangkat itikaf ke Masjid Raden Patah sendirian, Alhamdulillah aku sadar berkat hidayah yang datang ntah darimana dan bantuan bapak ojol (pak, bapak berjasa di hidupku).  Berharap aku disana setidaknya shalat isya dan tarawih, ngaji, dan pasti bangun tahajud serta sahur (sahur gratis lagi). Tapi, aku tetap membawa laptop WKWKWKW. 

Sampai disana, beneran. Aku langsung shalat Isya, Tarawih, ngaji. Ntah, jadi lebih semangat gitu (walau kayaknya ditunjang dengan aku juga beli kopi). Terus ngantuk dan tidur sejenak, bangun-bangun, aku mundur ke belakang untuk buka laptop sebentar, dan tiba-tiba ada pengumuman untuk Tahajud jamaah jam 2 malam (ini untuk membangunkan para jamaah juga). Laptop kututup, dan waktunya kembali mengejar akhirat. Selesai shalat itu sekitar pukul 02.45, ada waktu ngaji bentar lalu dilanjut dengan sahur berjamaah. Ini juga yang semakin membuat aku terharu ternyata itikaf itu menyenangkan dan membuat hati penuh ya, ibadah dunia akhiratku berjalan semua (bukan karena faktor sahur gratis).

suasana Itikaf saat aku datang jam 10-an

Suasana sahur bersama



Menu sahur (menu sahur terakhir itu Rawon, tapi sayang aku ga foto)

Aku ikutan Itikaf disini kalo gak salah 3 kali. Sendirian 1 kali, bersama mbak Hanifah 1 kali, dan hari terakhir bersama mbak Ghea, mbak Mei dan juga bayi Nada 1 kali. Seneng banget bisa Itikaf bersama teman-teman. Hari terakhir juga cukup berkesan karena kali ini itikafnya bersama mbak Ghea, mbak Mei, Retsa, dan Nada (anaknya mbak Ghea). Seolah-olah memberikan pandangan bahwa suatu saat nanti, punya anak juga bukan hambatan untuk menjalankan ibadah karena justru ibadah yang kita lakukan berlipat-lipat juga. Tapi tentunya gerakannya lebih terbatas karena kali ini tantangannya lebih besar. 

Bayi Nada terlelap



Dapat pesan dan juga semangat dari salah satu kenalanku di Instagram, "Puas-puasin itikaf Farah selagi bisa. Kalo udah ibu-ibu kayak aku, gerakan lebih terbatas. Ga leluasa. Jadi nikmati masa-masa sekarang"

Aku jadi sadar, emang hambatan nantinya udah berbeda. Jadi semakin membuatku semangat bahwa waktu-waktu sendiri beneran waktu yang tepat untuk eksplorasi diri, banyak-banyak ibadah, dan juga memperbaiki diri. 

Akhir dari cerita Ramadhan ini adalah setiap bagian dari kehidupan punya pembelajaran berharga. Baik dari naik turunnya iman dalam diri, mempererat tali silaturahmi, seni bertahan hidup, dan juga gimana caranya untuk memaksimalkan ibadah setiap hari. 

Aku tau, iman seseorang gak selalu stabil, begitu juga aku. Tapi yang bisa kita lakukan adalah menyadarinya dan terus berusaha memperbaikinya perlahan-lahan. 

Terima kasih, Ramadhan. Semoga kita bisa kembali bertemu di tahun depan!


Komentar