Senior High School

              Huh, rupanya aku sudah lulus SMA. Yah, SMA. Masih inget banget awal-awal lulus smp menuju SMA. Wah, aku udah SMA, punya hidup baru, udah dewasa, udah jadi mbak-mbak SMA. Seperti orang-orang, aku ngebayangin SMA itu seru, bisa cari jodoh juga xixi. SMA di cerita-cerita itu indah banget, isinya ketawa-ketiwi sama temen, sama pacar, dll. Ah, tapi rupanya gak. Itu tergantung pilihan orang-orang, dan pilihanku ternyata beda.

             SMA ini, kamu bisa mutusin kamu mau kayak gimana. Mau terkenal? Gampang, tinggal gimana aja modelnya, terkenal gara-gara stylish, cantik, gaul, pinter, ataupun aktif organisasi. Kehidupan SMA-mu tergantung pilihanmu, kayak aku haha. Dan aku memutuskan untuk jadi (awalnya) alim, dan ambis, tapi tetep ikut organisasi dikit-dikit lah. Tapi, yang alim itu gagal, karena, ya tau lah asliku itu gak bisa sealim itu, gak bisa diem, suara frekuensi kaya toa, sudah ke blacklist untuk jadi anak alim. Dan anak ambis, sebenernya ada nyesel ada nggaknya, jadi anak ambis yang belajar took jarang main, akrab sama temen itu-itu aja, menghadap buku everyday everytime, tapi I think you can reach your goals.

             Jadi anak ambis itu ada lika-likunya, karena gak semua sepemikiran dengan kita. Alasanku milih ngambis kenapa? gak mau ngecewain kepercayaan orang tua aja di SMA ini karena aku merasa selalu membuat kekecewaan dan di rumah buat onar tok. Sering banget nangis dikatain ambis, gak tau kenapa kata-kata itu sangat nyelekit. But, lama-lama kebiasaan, tapi masih nyeri sih. Sebenranya bukan ambis nilai. Tapi lebih ke ambis belajar, tiap hari tiap malam belajar, sampe ketiduran walaupun ya aku gak tau itu masuk ke otak atau nggak. Walaupun besoknya pas ulangan masih remed, tapi tetep nekat ambis sampe akhir sekolah. Walaupun begitu, semua usaha ada balasan di akhir, I believe that. Sebenarnya, dulu, aku gak pernah nganggep aku ambis. Karena, I think, itu sebuah usaha, bukan keambisiusan, karena usaha itu sangat perlu untuk orang-orang standar, like me.

               Aku juga mutusin untuk gak kenal cinta-cintaan dulu pas SMA. Tapi, ya tetep aja ada suka ya walau aku gak tau itu cuma rasa kagum, ngefans, atau gimana. Yang jelas, aku gak punya doi, apalagi pacar, temen cowok aja dikit, fix. Itu udah keputusan sih, untuk calon anak SMA kalian bisa pilih mau gimana. Ada yang punya prinsip aku gak kenal orang, tapi dikenal orang. Rata-rata prinsi itu dianut oleh anak-anak olim, kayak temenku. Bagus-bagus aja sih, tapi jangan ansos banget, ingat lu gak bisa hidup tanpa orang lain. Ya, setidaknya punya temen yang benar2 bisa kita tumpahin cerita-cerita,unek-unek, punya temen yang sejalan atau nggak berusaha menghargai orang lain, itu yang terpenting.

               Kalian, juga bisa jadi anak yang aktif di organisasi. Ini recomended sih sebenarnya, karena itu paling penting, itung-itung nyicil untuk organisasi buat kuliah, memperluas jaringan. Dari aktif organisasi ini kalian bisa punya banyak temen yang beda-beda yang tentu buat kamu banyak belajar satu sama lain, kamu akan punya nilai lebih di sosial. Gak salah kan? semua orang beda-beda, ya itung-itung walaupun akademis kita biasa aja, sosial kita harus bisa lebih baik dari mereka-mereka, ya gak? Ikut organisasi juga buat kita bisa lebih refresh, gak melulu belajar dengan buku, bisa ketawa-ketiwi, berbagi kebahagiaan.

              Kalo untuk jadi anak terkenal gara-gara cantik atau ganteng, aku sebenarnya gak terlalu memikirkan hal ini. Karena itu sudah kodrat sepertinya :') kalo untuk masalah stylish, gaul, kita ambil positifnya, itu juga sudah bakat, bakat berfoto, berpakaian, dsb. Asalkan, kita gak terlalu maksa keikut zaman, trending, dll. Itu masih baik-baik aja kok. Tapi, aku gak terlalu menyarankan, karena it's not my type. Karena, kalo aku nyoba masuk ke golongan itu, aku gak bisa nahan diri, dan ujung-ujungnya hanyut dalam arus zaman.

             Yah, itu sedikit pemikiran kecil ku tentang mau jadi apa kalian di SMA, berdasarkan pengalaman juga sih. Semoga, bisa membantu bayangan-bayangan anak-anak calon anak SMA yah! Maaf  kalo terlalu blak-blakan, atau ada salah kata, atau ya apa. Gak maksud, sumpah. Sekian, terima kasih! :)


Komentar